Alasan Menggunakan Pasta Gigi Herbal HPAI

Alasan Menggunakan Pasta Gigi Herbal HPAISebuah ramuan yang dibuat untuk membantu membersihkan dan menyegarkan gigi pertama kali muncul di Mesir pada abad ke-4 M. Masyarakat ketika itu menggunakan campuran garam, lada, daun mint, dan bunga iris sebagai bahan dasarnya. 

Bahan-bahan itu berguna untuk membantu masyarakat menjaga kesegaran gigi mereka ketika sedang melakukan aktivitas sehari-sehari. Campuran bahan tersebut hanya dioleskan pada gigi dan diratakan saja, tidak digosok menggunakan sikat gigi, yang memang sudah berkembang di negara  Mesir.

Pasta-Gigi-Herbal-HPAI

Sejarah Pasta Gigi

Pada abad ke-9 M, ditemukan juga sebuah pasta gigi oleh seorang musisi dan percancang busana asal Persia, bernama Ziryab. Tidak diketahui dengan pasti itu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pasta gigi tersebut.

Namun diketahui pasta gigi tersebut bisa membersihkan sisa-sisa kotoran makanan dan memberikan aroma segar pada mulut. Pasta gigi yang ditemukan pada abad tersebut bisanya disimpan pada sebuah mangkuk atau gelas kecil.

Pasta gigi yang dibuat dalam sebuah kemasan tube pertama kali diperkenalkan olehh Dr. Washington Sheffield yang berasal dari negara Inggris. Produk pasta giginya itu diberi nama “Dr.Sheffield’s Cream Dentifrice”. 

Ide pembuatan pasta gigi kemasan muncul ketika anaknya melakukan perjalanan ke Kota Paris. Saat berada di Paris, anak Dr. Sheffield melihat para pelukis di sana menggunakan cat yang dikemas dalam sebuah tabung. Dari sanalah ide awal pembuatan pasta gigi kemasan yang dianggapnya lebih praktis ketika digunakan.

Pasta gigi yang sekarang kita kenal, mengandung bahan fluoride pertama kali ditemukan pada 1914. Namun pada 1937, penggunaan bahan fluoride sempat ditentang Oleh asosiasi dokter gigi di Amerika karena dianggap berbahaya bagi kesehatan mulut. 

Agar bahan fluoride tersebut dapat  disahkan oleh asosiasi dokter tersebut, sebuah produsen pasta gigi, Procter & Gamble, melakukan sebuah riset ilmiah. Perusahaan Procter & Gamble dibantu oleh tim peneliti Yang dikepalai Oleh Dr. Joseph Muhler dari Universitas Indiana, untuk mempelajari pembuatan pasta gigi mengandung fluoride yang aman bagi kesehatan. 

Akhirnya pada 1955, perusahaan itu secara resmi memperkenalkan produk pasta gigi pertama yang mengandung fluoride.


Kandungan Kimia Pasta Gigi

Bebearapa jenis dan komposisi bahan Yang ada pada pasta gigi adalah:

Bahan Agen abrasif

Merupakan bahan kasar, seperti kalsium karbonat, dikalsium fosfat dihidrat, dan magnesium trisilikat.
Noda digigi, hingga bakteri akan diusir oleh bahan yang bernama agen abrasif yang memang bermanfaat untuk mencegah tumbuh kembang bakteri dalam mulut.

Bahan Perasa

Bahan Ini termasuk pada Pemanis buatan, termasuk sakarin yang sering ditambahkan pada pasta gigi untuk membuat rasanya lebih baik. Rasa pasta gigi ini merupakan campuran dari beberapa komponen. 

Pasta gigi saat ini tersedia dalam banyak rasa, seperti rasa mint, lemon-lime, dan bahkan rasa permen karet serta buah-buahan (untuk anak-anak). 

Pewarna

Bahan ini Juga ditambahkan ke pasta gigi, seperti titanium dioksida untuk pasta putih dan berbagai pewarna makanan untuk pasta atau gel berwarna.

Humektan

Humektan yang paling sering digunakan adalah jenis gliserol dan sorbitol. Sorbitol dengan dosis besar dapat menyebabkan diare karena bertindak sebagai pencahar osmotik. Sering digunakan dalam pasta gigi karena sifatnya dapat mencegah hilanya kandungan air dalam pasta gigi, sehingga pasta gigi tetap lunak dan tidak keras saat dibuka dan terkena udara.

Zat Pengikat

Zat pengikat merupakan koloid hidrofilik Yang mengikat air dan digunakan untuk menstabilkan formulasi pasta gigi dengan mencegah pemisahan fase padat dan fase cair Deterjen. Deterjen, seperti natrium lauril sulfat, menghasilkan busa ketika Anda menyikat gigi. Deterjen membantu menghilangkan tumpukan dan emulsi plak pada gigi.


Kembali Menggunakan Produk Herbal Seperti Pasta GIGI HPAI

Meski penggunaan pasta gigi modern berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi, namun beberapa dasawarsa belakangan ini masyarakat makin menyadari bahwa penggunaan pasta gigi tersebut dari bahan kimia memiliki efek samping yang kurang baik.

Efek Samping pasta gigi  dari bahan kimia yang kurang baik itu membuat msyarakat mulai berpaling kembali menggunakan pasta gigi herbal atau alami.

Bagi masyarakat Indonesia, pasta gigi  memang merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk kesehatan mulut  maka kembali ke herbal atau alami kini sedang menjadi tren. Pasta gigi HPAI  herbal saat ini menjadi pilihan orang untuk di gunakan Oleh sebagian besar masyarakat indonesia.
     
Pasta Gigi HPAI  herbal terbuat dari bahan-bahan alami dan dipercaya tidak mempunyai efek Memang negatif seperti pasta gigi modern. Memang, jangka waktu pembersihan dengan Odol herbal agak lama dibandingkan dengan odol paten. Namun, Odol atau pasta gigi herbal diyakini banyak manfaatnya karena membangun kesehatan secara alami  untuk melawan permasalahan mulut anda.

0 Response to "Alasan Menggunakan Pasta Gigi Herbal HPAI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel