Orang Tua Wajib Tahu, 4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Orang Tua Wajib Tahu, 4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak - Anak-anak yang berusia antara 6-11 tahun dan remaja 12-19 tahun lebih sering ditemukan penyakit kronik atau kerusakan pada gigi. Hal ini disebabkan karena pembusukan pada gigi, sebenarnya hal ini dapat dicegah dengan menjaga kesehatan mulut pada anak anda, dengan teratur menyikat gigi setiap harinya 2x sehari.

Selain itu juga ketahui beberapa tips menjaga kesehatan gigi anak, dengan mengetahui tipsnya anda akan lebih mudah untuk menjaga kesehatan gigi pada anak.

 6 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Berikut 4 Tips Merawat Gigi Anak Secara lengkap:


1. Mulailah Perawatan Gigi Anak Anda Sedini Mungkin

Hal yang pertama anda lakukan mengajarkan perawatan gigi pada anak. Berdasarkan American Academy of Pediatrics Dentistry dan American Academy of Pediatrics seoarang anak sebaiknya memeriksakan kesehatan giginya pada berusia 1 tahun.

2. Ajarilah Kebiasaan Menyikat Gigi

Mulailah menyikat gigi anak anda ketika sudah tumbuh, bahkan hanya ada 1 gigi. Sikatlah gigi anda dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan gunakanlah pasta gigi khusus untuk anak, lakukan dua kalia sehari. 

Benang gigi dapat digunakan pada saat anak anda memiliki 2 buah gigi yang berdekatan, tanyakan kepada dokter gigi panduan yang benar untuk membersihkan gigi dengan benang. Dan anda juga dapat menanyakan mulai kapan anak anda boleh menggunakan obat kumur. 

Beberapa ahli mengatakan apabila anak anda telah dapat membuang ludahnya sendiri, maka anak tersebut sudah diperbolehkan menggunakan obat kumur mudah. 

Perlu juga anda perhatikan obat kumur hanya untuk digunakan sebagai pembilas dan tak boleh diminum. Anak anda juga biasanya telah mulai bisa menyikat giginya sendiri jika ia telah mampu mengikat tali sepatunya sendiri.

Waktu menyikat gigi yang pas adalah malam hari sebelum tidur, jangan berikan makanan ataupun minuman kepada anak jika telah mengikat giginya kecuali air putih. Hal ini dapat membantu gigi tetap bersih dan memudahkan proses mineralisasi selama ia tidur.


3. Hindari Makanan atau Minuman Manis Sebelum Tidur

Jangan membiasakan memberikan makanan ataupun minuman manis sesaat sebelum anak tidur. Sebab hal ini sangat membahayakan kesehatan gigi anak anda. 

Makanan ataupu minuman manis dapat menempel dengan mudah dan ini merupakan sumber dari makanan bagi bakteri yang hidup di dalam mulut. Bakteri ini menghasilkan suatu asam yang dapat memicu adanya pembusukan pada gigi.

Pembusukan pada gigi anak yang tak segera ditangani dapat mempengaruhi tumbuh kembang di buah hati serta juga kemampuannya dalam belajar dan berbicara. Jika anak anda tak bisa tidur tanpa meminum sesuatu, sebaiknya berikanlah air putih.

Selain itu juga terlalu sering dan terlalu banyak menginsumsi jus buah pada anak telah terbukti berhubungan dengan kejadian obesitas serta pembusukan gigi pada anak. Batasilah pemberikan jus pada anak setiap harinya, tidak boleh lebih dari 4 ons pada setiap harinya.


4. Bersikaplah Tegas

Walaupun anak anda sering tidak mau menyikat giginya dan menjadi rewel pada setiap menyikat giginya. Anda harus tetap mempertahankan kebiasaan menyikat igi untuk menjaga kesehatan gigi anak. 

Dibawah ini mungkin dapat anda terapkan untuk menghadapi anak agar terbiasa menyikat gigi sendiri.

  • Berikan anak anda beberapa sikat gigi yang unik serta menarik lebih-lebih sikat gigi yang ia sukai. 
  • Berikanlah hadiah untuk membujuk anak agar mau menyikat giginya.
  • Berikanlah jadwal waktu untuk menyikat gigi. 
  • Terus berikan bantuan untuk anak agar terbiasa menyikat giginya terutama anak berusia 6 tahun kebawah


Pasta Gigi Herbal Anak HNI HPAI

Pasta Gigi Herbal Anak HPAI diformulasikan khusus untuk gigi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mencegah gigi berlubang karena makanan manis yang sering dikonsumsi oleh anak-anak. mencegah plak pada gigi anak dan membuat gigi anak menjadi bersih, putih dan tidak mudah berlubang.

Pasta gigi herbal anak HPAI diproduksi dengan berbagai rasa yang disukai oleh anak-anak, seperti rasa anggur, rasa jeruk dan juga rasa strawberri.

Anda bisa mendapatkan pasta gigi anak herbal HNI HPAI seharga Rp. 13.000,- dengan menghubungi no. Kontak kami di wa. 08115381830 atau email ke hubungi.obatherbal@gmail.com


Penutup

Demikian yang dapat kami berikan beberapa tips menjaga kesehatan gigi anak, memulai perawatan gigi sejak usia dini dapat memberikan kebiasaan yang positif untuk anak anda. Bantu anak dengan telaten untuk membiasakan hal yang baik.

Dan sekali lagi kami sampaikan, jika anda berminat, anda bisa mendapakan pasta gigi Herbal anak HPAI dengan menghubungi kami.

0 Response to "Orang Tua Wajib Tahu, 4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel