Benarkah Manfaat Makan Kurma Sangat Baik Untuk Kesehatan?

Benarkah Manfaat Makan Kurma Sangat Baik Untuk Kesehatan? - Apa Saja Kegunaan Mengkonsumsi Kurma? Kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan diabetes.

Benarkah Manfaat Makan Kurma Sangat Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Makan kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Studi laboratorium menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer. 

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak. secara medis diketahui bahwa Penyakit Alzeimer dan Kematian Sel Otak disebabkan oleh menumpuknya plak diotak, sehingga komunikasi antara sel-sel otak menjadi terganggu dan memicu penyakit yang lebih parah.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi makan makanan yang dicampur dengan kurma memiliki daya ingat dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik, serta perilaku yang berhubungan dengan kecemasan, dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya.

Sifat-sifat yang meningkatkan otak dari kurma telah dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang dikenal untuk mengurangi peradangan, termasuk flavonoid. Namun, studi pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi peran kurma dalam kesehatan otak. Kurma mungkin bermanfaat untuk menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak, yang penting untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Manfaat Makan Kurma Untuk Kesehatan Reproduksi

Kurma telah dipelajari bagaimana potensi mereka dalam membantu dan meringankan persalinan jangka panjang pada wanita hamil. Makan buah-buahan ini selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan yang diinduksi. Mereka juga dapat membantu mengurangi waktu kerja persalinan.

Dalam sebuah studi, 69 wanita yang mengkonsumsi 6 butir Kurma per hari selama 4 minggu sebelum tibanya waktu persalinan, mereka sekitar 20% lebih memungkinkan untuk melahirkan secara alami dan pada masa persalinan membutuhkan waktu yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi Kurma. 

Studi lain dari 154 wanita hamil menemukan bahwa mereka yang makan kurma jauh lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Kurma Baik Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

Studi ketiga menemukan hasil yang sama pada 91 wanita hamil yang mengkonsumsi 70-76 gram kurma setiap hari mulai minggu ke 37 kehamilan. Mereka berada dalam persalinan aktif dengan rata-rata 4 jam lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak makan kurma.

Meskipun makan kurma tampaknya membantu meningkatkan persalinan dan mengurangi durasi persalinan, namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi efek ini. Peran aktif Kurma dalam kehamilan kemungkinan karena senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan tampaknya meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Selain itu, Kurma mengandung tanin, yang merupakan senyawa yang telah terbukti membantu memfasilitasi kontraksi. Mereka juga merupakan sumber gula dan kalori alami yang baik, yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat energi selama persalinan. Kurma dapat mempromosikan dan meringankan persalinan alami bagi wanita hamil ketika dikonsumsi selama beberapa minggu terakhir kehamilan.

Kurma Adalah Pemanis Alami Yang Sempurna

Kurma adalah sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Karena alasan ini, kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang halus. Mereka membuat pengganti sehat untuk gula putih dalam resep karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang mereka berikan.

Cara terbaik untuk mengganti kurma dengan gula putih adalah dengan membuat pasta kurma, seperti dalam resep ini:
Cara Membuat Pasta Kurma: caranya campur kurma dengan air dan diblender dengan perbandingan Kurma dan air 2 : 1. dalam pengaplikasian untuk dikonsumsi, maka Aturan praktisnya adalah mengganti gula dengan pasta Kurma dengan rasio 1: 1. Misalnya, jika resep membutuhkan 1 cangkir gula, Anda akan menggantinya dengan 1 cangkir pasta Kurma.

Kurma adalah pengganti sehat untuk gula putih dalam resep karena rasanya yang manis, nutrisi, serat dan antioksidan.

Catatan Penting

Ada juga hal yang harus  anda ketahui selain berbagai manfaat kurma yang telah kami sebutkan, bahwa meskipun kurma tinggi Kandungan serat dan nutrisi, kurma masih cukup tinggi kalori dan paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

0 Response to "Benarkah Manfaat Makan Kurma Sangat Baik Untuk Kesehatan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel