Penyakit Asam Urat, Penyebab Asam Urat, Gejala Asam urat dan Obat Herbal Asam Urat

Penyakit Asam Urat, Penyebab Asam Urat, Gejala Asam urat dan Obat Herbal Asam Urat - Apa anda pernah mengalami sakit pada sendi dengan gejala bengkak dan merah? waspadalah bisa jadi saat ini anda sedang terkena penyakit asam urat.

Penyakit Asam Urat, Penyebab Asam Urat, Gejala Asam urat dan Obat Herbal Asam Urat

Apa itu Asam Urat

Apa sich Penyakit Asam Urat itu? Asam urat adalah salah satu jenis penyakit Asthritis yang akan membuat anda merasakan sakit yang tiba-tiba pasa sendi tubuh dengan gejala bengkak dan kemerahan pada sendi yang sakit. Kadang ada pula orang awam yang menyebutnya sebagai encok, namun ini tidak sepenuhnya tepat.

Bagian Tubuh yang Paling sering Terkena Asam Urat

Jempol kaki merupakan bagian yang paling sering terkena asam urat, tetapi penyakit ini juga dapat memengaruhi sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Tangan, Siku, hingga pergelangan Tangga termasuk tempat Favorit bagi Asam Urat. Tulang belakang juga bisa terkena meskipun jarang. Serangan Asam Urat yang kadang tiba-tiba dan cenderung kronis bisa dicegah dan disembuhkan dengan beberapa syarat. Kondisi dimana penyakit ini dapat dikelola dengan mengurangi beberapa faktor gaya hidup.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Secara ilmiah penyebab Asam Urat timbul adalah akibat metabolisme senyawa Purin dalam DNA. Zat Purin yang dikonsumsi secara berlebihan dalam kehidupan sehari-hari bisa segera mencetus penyakit asam urat, beberapa makanan tinggi kandungan purin yang harus anda hindari adalah :

Makanan Penyebab Asam urat Tinggi Kandungan Purin

1. Jeroan
2. Makanan laut
3. Daging merah
4. Makanan olahan
5. Kacang-kacangan
6. Beberapa Jenis Sayur
7. Daging Angsa dan Kalkun
8. Beberapa Olahan Susu
9. Minuman Manis

Jika anda merasa banyak makan, jenis makanan diatas, bisa saja anda akan segera mengalami jenis penyakit tersebutAsam Urat. 

Asam urat menumpuk di persendian dan menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Beberapa solusi alami dapat membantu. Namun, jika rasa sakit terus berlanjut, hubungi dokter.

Apa tanda dan gejala Asam urat?

Gejala asam urat umumnya nyeri sendi dan bengkak. Pusat Nyeri pada Sendi kaki akan menimbulkan gejala berwarna kemerahan. Terkadang pada sebagian penderita Asam Urat, awalnya mereka tidak menunjukkan gejala apa-apa baik secara umum atau Khusus.

Gejala asam urat biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. 

Gejala Asam Urat yang paling umum adalah:

  • Pagi Hari Nyeri sendi menyerang secara mendadak dan terasa sangat parah
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas di sekitar sendi

Tengah Malam adalah waktu yang sering kumatnya gejala asam urat, tiba-tiba muncul dan tidak bisa diprediksi.

Gejala Asam Urat yang disertai rasa sakit pada sendi, bengkak dan memerah biasanya terjadi dalam 1 -2 hari. Namun pada kasus yang sudah lumanyan parah, asam urat bisa dialami selama berminggu-minggu. Jika anda mengalamihal demikian, maka bisa dikatakan Penyakit Asam Urat anda sudah sangat parah dan perlu penanganan dokter ahli. 

Mencegah dan Mengobati Asam Urat

Makanan Penyebab Asam Urat harus dihindari selama kita mengalami sakit asam urat, karena sedikit saja makanan pencetus asam urat dimakan, bisa saja kita akan langsung sakit dan harus segera mencari obatnya.

Untuk Meringankan dan Mencegah timbulnya penyakit Asam urat dikemudian hari, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah dan bahan herbal alami yang tersedia dari alam.

Bahan Alami Pencegah Penyakit Asam Urat

1. Ceri

Obat Asam Urat yang populer dan sudah diketahui oleh orang banyak, mudah dah murah untuk didapat adalah buah Ceri. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun dalam bentuk ekstrak, atau sebagai Jus.

2. Jahe

Jahe dapat membantu mengobati asam urat. Sediakan 2 Sendok Teh Jahe, panaskan hingga mendidih dan konsumsi selama masih hangat. Minum dan Nikmati 3 gelas per hari

Jahe juga dapat ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Tempel parutan Jahe pada bagian tubuh yang sakit biarkan hingga beberapa saat, cara ini dipercaya mampu mengurangi rasa sakit pada sendi yang salit. Anda dapat menempelakan parutan Jahe tersebut sekurangnya sekali sehari antara 15 hingga 30 menit. Jika terjadi iritasi kulit lakukan tes terlebih dahulu.

3. Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Campuran Jus Lemon, Cuka Sari Aple, Kunyit dan Air Hangat sering digunakan untuk mengatasi Kondisi seseorang yang mengalami asam urat. Caranya : Campurkan 2 Sendok teh Kunyit, Jus Lemon, 1 sendok teh cuka sari apel dan minumlah 2 hingga 3 kali sehari.

4. Seledri 

Secara Tradisional air remasan seledri digunakan untuk mengobati kandung kemih yang bermasalah. Seledri ternyata bisa juga digunakan untuk obat asam urat dan darah tinggi serta khasiat ini telah terbukti dikalangan masyarakat.

5. Teh Jelatang

Gejala rasa sakit yang timbul akibat Asam Urat juga dapat di kurangi dengan meminum air rebusan Tumbuhan Jelatang. Tumbuhan ini dapat menyebabkan gatal jika tersentuh kulit dan ditemukan di sebuah kecamatan di kabupaten Bengkulu Selatan.

Rebus air hingga mendidih dengan takaran sekitar 1 Cangkir air putih, kemudian Rebuslah teh jelatang kering antara 1 - 2 sendok teh untuk satu cangkir air. Minumlah hingga 3 gelas per hari.

6. Garam Epsom

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam Eepsom untuk mengatasi asam urat. 
Anda bisa mencoba mandi dengan mencampurkan 1 - 2 Cangkir garam Epsom kedalam bak Mandi, kemudian and bisa Rendam seluruh tubuh atau hanya sendi tertentu.

0 Response to "Penyakit Asam Urat, Penyebab Asam Urat, Gejala Asam urat dan Obat Herbal Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel